Pages

Thursday, April 4, 2013

Ikan Nila



Kali ini saya akan berbagi info tentang ikan nila dan seputar perawatannya. Dari segi hal konsumsi ikan ini  termasuk ikan dengan daging yang enak meskipun kadang beberapa orang enggan memakan karena durinya agak banyak. Bisa juga untuk refreshing dikala pulang kerja dan pikiran penat akan menyenangkan apabila melihat ikan ikan itu diberi makan dan saling berebut. Untuk hal perawatan sebenarnya cukup mudah saja kok, berikut saya akan menjabarkannya secara ringkas.


  • Sebelum anda berternak atau hanya membuat ikan ini sebagai ikan tontonan anda, sebaiknya anda persiapkan dulu kolam tempat ikan ini, bisa dari terpal atau bak semen dsb. 
  • Dari segi pengalaman saya ikan nila membutuhkan air yang bergerak, pastinya yang terpikirkan pertama akan mencari daerah yang dekat dengan sungai. "terus yang ada di komplek perumahan bagaimana ?" mungkin pertanyaan itu dapat diakali dengan memberi filter pada kolam tersebut.
  • Jangan lupa memberi aerator, karena pasokan oksigen akan membuat ikan ini bertahan.
  • Perhatikan kolam tersebut apakah terik matahari terlalu menyinari ataukah dalam waktu jam tertentu sinarnya tidak mengenai kolam itu, anda bisa mengakali dengan tutup di atas kolam tersebut.
  • Pastikan filter befungsi dengan benar, karena bekas makanan atau kotoran ikan akan berpengaruh pada kesehatan ikan tersebut.
  • Makanan, untuk makanan cukup beri pelet 3 x sehari sesuai dengan bagaimana ikan itu bisa menghabiskan nya setelah anda beri.
Nah sekian dulu dari saya, saya juga pemula dalam beternak ikan nila jadi semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))